Analisis
10 e-commerce di Indonesia
Oleh :
1. Usyana Zalfa U. (
C1C015046 )
2. Reghina Azti A. (
C1C015047 )
3. Asih Cahyani (
C1C015063 )
1.
ALADDIN
Aladdinshoponline adalah
salah satu toko online yang menjual
produk ramah lingkungan (organik) yang berasal dari Himalaya. Aladdinshoponline
ini didirikan oleh Anupam Gupta pada tahun 2011. Bahan organic tersebut seperti
berbagai pupuk organic yaitu Vermicompost, Kompos Neem, Pupuk Kotoran Terpadu,
Pupuk Organik Kampung Himalaya & Tanah, Teh Hijau Organik, Resep Herbal
Herbal Dingin dari Himalaya. Produk yang ditawarkan terdiri dari tiga kategori
yaitu beauty & perfumes, books and daily needs, dan sports & health.
Produk Beauty and perfumes
diantaranya produk – produk kecantikan seperti sabun, shampoo dan produk
perawatan kecantikan lainnya. Produk books and daily needs seperti produk yang
dibutuhkan sehari – hari seperti nasi dan tepung. Dan yang terakhir produk sports
& health seperti produk suplemen alami untuk kesehatan tubuh.
Aladdinshoponline ini
menggunakan system Bussiness to Consumer (B2C) yaitu dimana Aladdin sebagai
pebisnis yang mempromosikan produk – produk organiknya ditawarkan terhadap
pemesan sebagai konsumen. Untuk system pemesanannya bisa langsung sign in
menggunakan akun gmail/email lalu bisa klik shop now. Sangat mudah bukan ?
Model yang dimiliki oleh
Aladdin online shop ini adalah e – tailer. Dimana e – tailer ini merupakan toko
online yang melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen dimana konsumen
tinggal memesan barang yang ingin dibeli kemudian barang tersebut nantinya akan
dikirim langsung kepada pembeli. Untuk model pendapatan, mereka menggunakan
sales revenue model. Sales Revenue Model adalah perusahaan menerima pembayaran
dari hasil penjualan barang, informasi dan jasa kepada konsumen.
2.
8WOOD
Toko online 8wood adalah
toko online yang menawarkan produk – produk fashion wanita seperti baju, tas, sepatu dan juga produk kecantikan lainnya
yang menyasar para pekerja wanita dan
mahasiswi dengan rentang usia 17-25 tahun. 8wood ini didirikan oleh artis asal
Indonesia yaitu Alice Norin bersama dengan suaminya.
Seperti
kebanyakan system toko online, 8wood juga menggunakan tipe model Bussiness to
Consumer (B2C) dimana 8wood sebagai pebisnis menwarkan produk – produk nya yang
berfokus pada wanita ditawarkan kepada konsumen individu sebagai pemesan. Model
bisnis nya juga menggunakan e – tailer, yaitu toko online dengan model yang
melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen. Sehingga model pendapatan
yang diterapkan dalam 8wood ini adalah model sales revenue, dimana perusahaan
menerima pendapatan dari hasil penjualan barang – barangnya.
3.
ZENROOMS
Zenrooms adalah suatu situs
pemesanan hotel yang menawarkan harga murah
dan terjangkau. Situs pemesanan hotel ZenRooms adalah startup terbaru dari perusahaan kloning startupasal
Jerman, Rocket
Internet. Seperti perusahaan Rocket Internet
lain, ZenRooms merupakan replika dari startup dengan model bisnis yang terbukti.
Kali ini Rocket Internet mengkloning OYO Rooms, situs pemesanan hotel mewah asal India yang telah meraup investasi Rp1,2 triliun. Zenrooms ini bekerjasama dengan pemilik hotel yang tidak
memiliki situs sehingga bisa dipesan dengan harga murah tetapi tetap memenuhi
standar yang telah ditentukan.
Beberapa
hal yang termsuk dalam standar ini antara lain setiap kamar harus bersih dan
bebas dari hewan peliharaan, memiliki tempat tidur yang nyaman, kamar mandi di
dalam, pendingin ruangan, Wi-Fi, serta televisi. Zenrooms ini memiliki empat
target yaitu traveler domestic kelas menengah, eksekutif dan pasangan muda yang
tidak memiliki pendapatan tinggi, tapi ingin jalan-jalan, pebisnis yang ingin
melakukan perjalanan antar negara di Asia Tenggara, dan yang terakhir backpacker dari Eropa dan Amerika yang ingin
mencari hotel-hotel terjangkau di Asia Tenggara.
Berdasarkan
penjelasan di atas, Zenrooms ini memiliki system tipe Bussiness to Consumer
(B2C) dimana Zenrooms sebagai pebisnis menyediakan aplikasi untuk pemesanan
hotel bagi konsumen. ZEN Rooms memberikan dua pilihan untuk metode
pembayaran booking hotel. Yang pertama
metode pembayaran dengan menggunakan Kartu Kredit, untuk yang ini ZEN Rooms
menerima pembayaran baik untuk jenis kartu MasterCard & VISA. Berikutnya
metode pembayaran melalui ATM sehingga ini bisa menjadi solusi jika tidak
menggunakan kartu kredit.
Untuk bisnis modelnya
menggunakan Transaction Broker yaitu sebuah model sistem di mana pembeli bisa
melihat harga dan syarat pembelian, tetapi aktivitas utamanya adalah
memfasilitasi transaksi ( menjadi perantara transaksi ) seperti halnya dengan
Zenrooms yang menganut model ini. Zenrooms merupakan sistem online (aplikasi)
yang menjadi perantara transaksi antara consumer yang membutuhkan kamar hotel
dengan perusahaan penyedia tiket untuk mempermudah pengguna dalam pemesanan /
pembelian tiket yang tersedia harga dari masing-masing tiket hotel. Dengan
sistem yang dimiliki oleh Zenrooms, pendapatan mereka adalah Transaction
fee revenue model. Di mana mereka memperoleh pendapatan dari fee yang
dihasilkan dari setiap transaksi yang dilakukan oleh pemesan.
4. KASKUS
Kaskus
(kasak-kusuk) lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda
asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan,
merupakan situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya
disebut dengan Kaskuser. Situs
ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 6 juta
pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga
orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus menawarkan beberapa fitur,
seperti:
KasPay
merupakan sebuah layanan
terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara online. Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan
alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh
proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan dan
pemalsuan kartu kredit dan
keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui email dan catatan transaksi.
e-pulsa
adalah sebuah layanan dari Kaskus yang menyediakan fasilitas pengisian pulsa
dan jika kita mau membeli, kita harus membayar menggunakan KasPay.
Kaskus
Ads
atau KAD adalah sebuah situs di mana jika kita mau beriklan di Kaskus, kita
bisa menempatkan iklan tersebut, tetapi kita harus membayar Kaskus.
Kaskus
Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia di bawah naungan
komunitas Kaskus.
Kaskus
Mobile adalah situs Kaskus yang sudah diubah tampilannya menjadi
minimalis sehingga sesuai dengan layar perangkat telepon genggam.
Selain
fitur kaskus juga memiliki sub-sub forum antaralain:
Forum
merupakan tempat para
pengguna Kaskus dapat menemukan dan membahas mengenai hobi dan kegemaran.
Regional
merupakan Forum tempat
para pengguna Kaskus dapat berkomunikasi maupun berkumpul satu sama lain yang
masih berdomisili di wilayah yang sama.
Forum
Jual-Beli merupakan Forum
tempat para pengguna Kaskus dapat menjual dan/atau membeli suatu barang/jasa
yang diinginkan. Forum ini merupakan salah satu forum utama Kaskus. Sistem
Penjualan yang dipakai Website ini adalah Penjualan Pre-Order dan Beberapa
barang ready stock. Penjualannya adalah antara Perusahaan terhadap customer (B2C).
|
Dapat
dianalisis bahwa kaskus dalam sistem penjualannya menganut tipe B2C yang mana
melibatkan antara perusahaan atau pebisnis terhadap konsumen. Untuk model
bisnis yang diterapkan adalah portal, karena kaskus ini sendiri menawarkan
berbagai macam fitur dan forum seperti halnya yang telah dijelaskan. Portal
merupakan point awal (gateway) untuk memasuki web serta dengan konten khusus
dan layanan lainnya, dan sering digambarkan sebagai situs dimana pengguna
memakainya sebagai home page. Dengan demikian, pendapatan yang diperoleh kaskus
bisa melalui penjualan ataupun periklanan.
5.
JD.id
JD.com
(juga dikenal sebagai JingDong Mall), yaitu perusahaan induk JD.id, dibangun
oleh Liu Qiangdong (aka Richard Liu) di Juli 1998 sebagai toko offline yang
menjual produk magneto-optikal di Beijing, China, dengan nama Jingdong Century
Trafing Co
JD.id
mulai beroperasi di Indonesia sejak Oktober 2015. Pada awalnya, mereka fokus
terhadap menyediakan pelanggan dengan produk elektronik dan gadgets yang sulit
ditemukan, seperti iPad Pro dari Apple dan A2010 dari Lenovo yang baru
launching pada akhir tahun 2015. Sejak itu mereka telah memperluaskan penawaran
produk mereka dan memasukkan kategori seperti sepatu dan pakaian olah raga dan
juga produk kecantikan dan kesehatan.
Alamat
situs JD.id yang menggunakan country-code top-level domain Indonesia (.id)
dipilih untuk melambangkan komitmen mereka untuk memberikan layanan yang lebih
cepat dan aman.
Saat ini JD.id
menawarkan beberapa tipe pengalaman shopping bagi pelanggannya:
- Direct retail atau direct shopping
melalui www.jd.id, situs online mall
- Enterprise services atau jasa
perusahaan untuk perusahaan ataupun individu yang ingin membeli produk
dalam jumlah yang lebih besar (in bulk)
- Affiliate marketing program
melalui affiliate.jd.id, dimana para pelanggan yang ikut serta dalam
program affiliate tersebut bisa mendapatkan komisi dengan menjual dan
menyebarkan links untuk produk JD.id
Tipe
e-commerce yang dianut adalah B2C ((Business to Consumer), yang berarti JD sendirilah yang
mengadakan stok barang yang nantinya akan dijual di layanan mereka baik kepada konsumen maupun pebisnis . sehingga
bisa dikatakan JD merupakan model bisnis E-tailer yaitu menjual
produk secara langsung kepada konsumen atau pebisnis individu. pendapatan utama JD melalui penjualan
produk tersebut.
6. AliExpress
AliExpress
merupakan salah satu online marketplace yang mengkhususkan diri dalam penjualan
barang-barang buatan Tiongkok langsung ke pelanggan di seluruh dunia, dengan
fokus pada negara-negara berkembang. Perlu di ketahui bahwa Aliexpress adalah
satu induk dengan Alibaba yang berlokasi di China. Alibaba sendiri di khususkan
untuk pembelanjaan dengan jumlah besar, biasanya untuk trading / grosir.
Sedangkan aliexpress adalah sebuah marketplace untuk para penjual. Bayangkan
Aliexpress ini seperti pasar tradisional dimana untuk produk yang sama bisa di
jual oleh para pedagang, bahkan harga juga bisa berbeda maupun sama.
Metode
pembayaran utama dari Aliexpress adalah menggunakan kartu kredit visa atau
mastercard melalui sistem escrow yang di kembangkan oleh Aliexpress. Pembayaran
ke Aliexpress ini seperti Rekber atau Rekening Bersama yang kini marak di
gunakan di Indonesia. Jadi mudah nya adalah pembayaran dari pembeli akan di
tampung oleh Aliexpress terlebih dahulu kemudian akan di teruskan ke penjual
apabila pembeli telah melakukan konfirmasi penerimaan barang. Saat ini ,
Aliexpress menerima pembayaran melalui WU (western union), DOKU, dan transfer
bank.
Berdasarkan
keterangan yang ada Aliexpress merupakan e-commerce bertipe B2B (business to
consumer), sedangkan untuk model bisnisnya menganut model market creator
(pencipta pasar) yaitu menyediakan lingkungan digital dimana pembeli dan
penjual dapat bertemu mencari produk, menampilkan produk dan menentukan harga
produk. Dapat melayani konsumen atau penjual dan mengambil keuntungan dari
komisi transaksi. Sehingga, bisa dikatakan model pendapatan Aliexpress adalah
transaction fee revenue model atau perusahaan menerima komisi untuk
memungkinkan pengguna melaksanakan transaksi.
7. Padiciti
Padiciti adalah salah satu dari banyak aplikasi
pemesanan tiket dan kamar hotel secara online di Indonesia. Tiket yang
disediakan adalah tiket kereta api yang terhubung langsung dengan PT. KAI serta
tiket pesawat yang mencakup seluruh maskapai penerbangan Indonesia dan
beberapa maskapai penerbangan international. Selain itu, Padiciti juga
melayani pemesanan kamar hotel domestik dan manca negara. Padiciti
bekerja sama dengan beberapa bank dalam sistem pembayarannya. Setiap harinya
Padiciti memberikan diskon dan sering memberikan berbagai promo. Banyak
fasilitas yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi melalaui Padiciti ini.
Berdasarkan penjelasan di atas bisa kita lihat bahwa
Padiciti ini memiliki e-commerce tipe B2C ( Business to Consumer ) yaitu dimana
Padiciti sebagai pebisnis ( Business) yang menyediakan aplikasi untuk pemesanan
tiket kereta api, tiket pesawat dan hotel bagi pemesan ( Consumer ). Sebelum
pengguna mengakses aplikasi Padiciti telebih dahulu melakukan registrasi, baru
kemudian pengguna bisa membooking tiket kereta api, pesawat, dan hotel. Setelah
melakukan booking, pengguna akan mendapatkan kode pembayaran dan pemesan bisa
langsung melakukan pembayaran dengan metode yang telah tersedia, kemudian akan
dikirimkan ke e-mail pemesan kode booking tiket yang telah dibeli.
Sekarang ini banyak sistem online yang bermodel
“Transaction Broker”. Transaction Broker merupakan sebuah model sistem di mana
pembeli bisa melihat harga dan syarat pembelian, tetapi aktivitas utamanya
adalah memfasilitasi transaksi ( menjadi perantara transaksi ) dan Padiciti memiliki
model ini. Padiciti merupakan sistem online (aplikasi) yang menjadi perantara
transaksi consumer yang membutuhkan tiket kereta api, tiket pesawat maupun
kamar hotel dengan perusahaan penyedia tiket untuk mempermudah pengguna dalam
pemesanan / pembelian tiket yang tersedia harga dari masing-masing tiket dan
hotel.
Dengan sistem yang dimiliki oleh Padiciti, pendapatan
mereka adalah Transaction fee revenue model. Di mana
mereka memperoleh pendapatan dari fee yang dihasilkan dari setiap
transaksi yang dilakukan oleh pemesan.
8. Blanja.com
Blanja.com
merupakan situs belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan hidup kita.
Hampir semua apa yang kita cari tersedia disini. Mulai dari fashion, aksesoris,
elekronik, buku, dll untuk semua usia ada. Blanja.com bekerja sama dengan
penjual – penjual yang terpercaya. Apabila terjadi kesalahan pada saat
transaksi dijamin uang konsumen akan kembali, barang yang dikirimkan akan
sampai dengan aman, karena mereka memiliki partner pengiriman barang yang
dijamin keamanannya, serta memiliki fasilitas berbagai macam cara pembayaran
yang terhubung dengan bank-bank.
E-commerce ini menyediakan tempat bagi
para penjual yang ingin menjual produknya secara online. Dengan model yang
seperti itu biasa disebut dengan market
creator, dimana pembeli dan penjual dapat bertemu,
mencari produk, menampilkan produk, dan menentukan harga produk. Banyak
berbagai macam produk yang disediakan oleh para penjual yang bergabung di
Blanja.com sehingga banyak pula variasi harga yang ditawarkan.
Pendapatan yang diperoleh oleh
Blanja.com yaitu berasal Transaction fee
atau komisi dari transaksi yang terjadi. Selain itu, pendpatan juga berasal
dari adanya afiliasi program yang ada di Blanja.com.
Berdasarkan penjelasan diatas dapat kita
lihat tipe dari Blanja.com sendiri yaitu C2C ( Consumer to consumer ), dimana
C2C adalah tipe antarconsumer bisa saling bertransaksi satu sama lain, dalam
arti consumer (individu) ini bertransaksi membeli barang ke penjual (individu
lain). Penjual disini diharuskan untuk menyelesaikan proses verifikasi terlebih
dahulu.
9. bimbi.com
bimbi.com
adalah toko online Indonesia yang menyediakan khusus perlengkapan bayi dan
busana anak-anak mulai dari usia 0 sampai 16 tahun. Disini tersedia berbagai
merek terkenal yang bersumber dari seluruh dunia, termasuk merek Eropa, Amerika
Serikat, dan Indonesia. Merek yang mereka bawa adalah merek anak-anak
internasional terkemuka, seperti Mayoral (Spanyol) dan Zutano (AS), serta merek
lokal yang dipilih secara hati-hati oleh pembeli seperti Cloo.
Tipe
bimbi.com adalah B2C (Business to Consumer ) karena bimbi.com sebagai pemilik
bisnisnya ( business )yang menyediakan barang untuk konsumen ( consumer ).
Bimbi.com bekerja sama dengan desainer – desainer terkenal dan payment
partners. Sebelum kita berbelanja kita terlebih dahulu harus login atau sign up
kemudian pilih item dan melakukan pembayaran, atau dapat dilihat detailnya lagi
di websitenya.
bimbi.com
memiliki model Transaction Broker,
sehingga pembeli dapat melihat harga dan syarat pembelian. Sumber pendapatannya
berasal dari penjualan barang atau disebut Sales
Revenue Model.
10.
Qoo10
Sama
halnya dengan situs – situs diatas, qoo10 juga merupakan onlineshop yang ada di
indonesia. Qoo10 adalah salah satu penyedia
jasa e-commerce terbesar di Asia, mereka beroperasi di Singapura, Jepang,
Indonesia, China, Malaysia dan Hongkong yang berpusat di Korea. Qoo10
juga menyediakan berbagai fashion, elektroni, dll.
Qoo10 memiliki model market creator, Qoo10 sebagai pihak yang
menyediakan lapak bagi penjual, dimana
pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk, dan menentukan harga produk.
Barang – barang yang disediakan juga bervariasi karena mereka sudah lintas
negara sehingga banyak model – model yang disediakan khususnya pada fashion.
Tipe
dari Qoo10 adalah C2C ( Consumer to Consumer ), Consumer ( penjual individu )
dan consumer lain ( pembeli individu ). Pendapatannya berasal dari komisi
transaksi – transaksi yang dilakukan oleh para penjual bersama pembelinya atau yang
disebut dengan Transaction fee.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar